4 Ide Atap Rumah Kontainer Bekas Tidak Terasa Panas

  • Whatsapp
4-Ide-Atap-Rumah-Kontainer-Bekas-Tidak-Terasa-Panas
Foto dari flickr

Memiliki rumah idaman merupakan dambaan orang. Kini ada inovasi rumah berupa rumah kontainer bekas. Namun masalahnya jika tidak didesain dengan bagus, rumah kontainer bekas bisa terasa panas. Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa ide agar rumah kontainer tersebut tidak terlalu panas.

1. Atap dari Palet Kayu Pinus

Apabila Anda hendak memasang atap rumah kontainer, ada baiknya Anda memilih palet-palet kayu pinus. Pasalnya pemilihan kayu ini relatif tidak memiliki masalah termal daripada logam. Logam cenderung memiliki sifat pemuaian dan penyusutan yang diakibatkan dari perubahan suhu.

Read More

Sedangkan kayu lebih memiliki sifat temperatur yang relatif stabil. Pemilihan kayu ini juga bisa memberikan keuntungan lain. Yaitu kayu cukup baik dalam hal penyerapan gelombang suara. Dengan begitu, ruangan yang menggunakan kontainer tidak terlalu bising.

2. Buat Taman

Strategi lain agar bisa mengatasi permasalahan termal adalah membuat “taman atap”. Anda bisa memasang wiremesh. Wiremesh sendiri merupakan besi yang dibentuk seperti kawat dan dapat dianyam seperti lembaran. Adapun fungsi menggunakan ini adalah sebagai tempat pertumbuhan tanaman hias merambat.

Apabila tanaman yang ada di wiremesh sudah tumbuh baik dan cukup rindang, tumbuhan ini akan berfungsi seperti green roof. Selain mencegah sinar matahari langsung masuk pada ruangan, ide penggunaan wiremesh ini juga memberikan pasokan oksigen ekstra dan nilai estetika sebagai tambahannya.

3.  Tambah Penyangga Kayu

Apabila cuaca sangat terik, hawa panas pun bisa masuk ke dalam rumah apabila tidak memiliki ventilasi udara. Begitu juga saat cuaca begitu dingin. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan atap dari gabungan kayu sebagai penyangga dan bahan logam lainnya sebagai atapnya. Atap rumah dari kontainer bisa ditinggikan agar hawa panas maupun dingin tidak terlalu menyengat dan memberikan ruang layaknya ventilasi.

4. Berbagi Masukan dengan Arsitek

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah mengkonsultasikan dengan arsitek. Arsitek bisa merekomendasikan untuk menerapkan metode isolasi pasi yaitu dengan cara menerapkan penggunaan panel isolasi, ataupun desain dinding berongga ganda, peningkatan ventilasi alami, hingga proses ventilasi mekanik.

Itulah beberapa cara agar atap rumah kontainer bekas Anda tidak terlalu panas. Tinggal Anda sesuaikan budget dengan perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan. Jangan lupa berikan sentuhan estetika tambahan pada atap agar semakin terlihat luar biasa. Misalnya penambahan lampu atau sebagai tempat duduk-duduk untuk mencari udara segar.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *