5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Membandel Ala SehatQ

  • Whatsapp
5-Cara-Menghilangkan-Bekas-Jerawat-yang-Membandel-Ala-SehatQ
Foto dari Canva Pro

SehatQ menyadari bahwa penampilan merupakan hal yang pertama kali dilihat orang. Noda jerawat yang membandel tentu akan menurunkan kepercayaan diri Anda. Cara menghilangkan bekas jerawat selalu dicari, bahkan ada yang rela melakukan tindakan medis yang berisiko.

Pada dasarnya, bekas jerawat akan bisa dihilangkan apabila Anda memilih cara tepat dan rutin melakukan perawatan. Kuncinya adalah mengikuti cara yang benar dan rajin melakukannya.

Menghilangkan Bekas Jerawat Membandel

Memiliki masalah jerawat sepertinya pernah dihadapi semua orang. Namun, tidak semua harus berhadapan dengan bekas jerawat membandel. Agar punya wajah kinclong, bebas dari jerawat, beberapa hal berikut dapat dilakukan:

1. Mengompres Bekas Jerawat

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat adalah dengan mengompres bagian yang berjerawat menggunakan es yang dilapisi handuk. Anda juga bisa menambahkan teh hijau untuk efek lebih baik. Misalnya, dengan menyeduh teh hijau dan membekukannya lalu gunakan sebagai kompres.

2. Oleskan Perasan Jeruk Lemon

SehatQ mencatat jeruk lemon juga dapat membantu mengatasi bekas jerawat. Caranya dengan memeras airnya untuk dioleskan pada bagian berbekas karena jerawat. Namun, jangan gunakan air perasan langsung karena akan memperparah bekas jerawat. Gunakan air perasan jeruk lemon yang sudah diencerkan dengan menggunakan beberapa sendok air.

3. Scrub Bubuk Kopi

Anda juga bisa menggunakan scrub dari bubuk kopi yang dicampurkan beberapa sendok air. Oleskan pada bagian berbekas jerawat, tapi jangan gunakan apabila jerawat masih meradang. Apabila jerawat masih terasa nyeri dan ada benjolan, artinya jerawat masih meradang. Scrub ini akan mampu menghilangkan bekas jerawat dengan pemakaian teratur.

Selain scrub kopi, Anda juga dapat memanfaatkan madu untuk dijadikan masker untuk bagian berbekas jerawat. Meskipun tidak memiliki efek cepat, tapi Anda akan mampu menanganinya dengan kekuatan niat diri sendiri dan kesabaran dalam menjalani pengobatan.

4. Penggunaan obat-obatan antiinflamasi (antiradang)

Ada pula cara menghilangkan bekas jerawat menggunakan obat-obatan. Namun, hanya dilakukan apabila berbagai cara alami tidak mampu menghilangkan bekas jerawat. Sebelum menggunakan obat-obatan anti radang, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Anda dapat menggunakan krim kortikosteroid atau krim lain serta obat minum yang disarankan oleh dokter. Sebaiknya, Anda tidak membeli berbagai obat jerawat tanpa adanya resep langsung dari ahlinya.

5. Prosedur Medis Seperti Terapi Laser

Jalan terakhir apabila bekas jerawat tidak bisa dihilangkan dengan cara alami dan obat-obatan adalah dengan melakukan tindakan medis. Salah satu yang bisa dilakukan adalah menggunakan terapi laser.

Penanganan medis dengan terapi laser ini akan disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi jerawatnya. Ketika akan melakukan prosedur medis ini, Anda harus menanyakan dengan baik apa saja informasi mengenai tindakan medis tersebut. Semakin jelas akan makin baik.

Selain melakukan pengobatan pada bekas jerawat, Anda juga bisa melakukan tindakan atau memulai kebiasaan yang bagus untuk menghindari adanya bekas jerawat. Misalnya dengan tidak menyentuh bekas jerawat yang timbul, menjaga kebersihan tubuh secara umum dan wajah secara khusus, hindarkan wajah dari paparan sinar matahari langsung, dan memilih jenis produk kecantikan yang bersahabat dengan kulit berminyak.

Ingin informasi lebih lanjut, Anda bisa masuk ke laman tanya dokter di situs sehatq.com lalu mengajukan pertanyaan yang ingin diketahui jawabannya. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan berbagai informasi menarik dan terbaru dari dunia kesehatan dengan mengakses laman situs SehatQ, guna mendapatkan informasi terkini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *