5 Hal yang Harus Dilakukan saat Butuh Pinjaman Modal

  • Whatsapp
5-Hal-yang-Harus-Dilakukan-saat-Butuh-Pinjaman-Modal
Foto dari Canva

Semua pengusaha pasti pernah mengalami masa dimana mereka membutuhkan pinjaman modal. Salah satu tantangan dalam mengelola bisnis memang terletak pada ketersediaan modal. Ketika Anda butuh pinjaman modal, maka ada banyak sekali pilihan cara yang sebenarnya bisa dilakukan. Tentu semuanya harus diperhitungkan dengan baik agar tidak mendatangkan kerugian.

Mencari Pinjaman Modal

Di zaman sekarang ini, kebutuhan akan pinjaman modal bisa terpenuhi dengan lebih mudah dan praktis. Ada banyak sekali produk pinjaman yang dapat dimanfaatkan oleh para pengusaha. Namun, harus ada langkah-langkah tepat bagi para pebisnis ketika mengambil pinjaman modal. Berikut ini adalah 5 hal yang harus dilakukan saat Anda butuh suntikan dana untuk modal usaha:

Read More

1. Catat Berapa Banyak yang Dibutuhkan

Sebelum mengajukan pinjaman modal, tentu sangat disarankan bagi Anda untuk mencari tahu dulu berapa banyak uang yang dibutuhkan. Setiap pelaku usaha pasti membutuhkan nilai modal yang berbeda-beda. Besarnya modal yang dibutuhkan juga tentu akan berpengaruh pada jenis pinjaman apa yang nantinya bisa Anda dapatkan.

Jadi sekarang silakan tentukan dulu berapa banyak uang yang dibutuhkan. Pastikan uang tersebut memang cukup memadai untuk kebutuhan modal. Jangan memasang angka yang terlalu tinggi melebihi kebutuhan modal yang sebenarnya dibutuhkan karena ini bisa meningkatkan jumlah utang Anda.

2. Cari Referensi Pinjaman

Selanjutnya silakan cari dulu referensi sumber pinjaman yang bisa diandalkan. Anda sebaiknya mencari dari banyak referensi sehingga bisa menemukan pemberi pinjaman yang memang aman dan terpercaya. Jika memang ingin meminjam dari bank maka pilihlah layanan bank yang tepat.

Setiap bank akan menawarkan produk pinjaman yang berbeda-beda. Anda harus mempelajari setiap jenis produk pinjaman yang ditawarkan. Dengan begitu Anda bisa mempertimbangkan dan menarik kesimpulan apakah memang produk pinjaman tersebut sudah cocok dengan kebutuhan bisnis Anda atau belum.

3. Pelajari Laporan Bisnis Terlebih Dahulu

Ketika Anda merasa butuh pinjaman modal, cobalah untuk mempelajari atau memeriksa laporan bisnis terlebih dahulu. Dokumen laporan bisnis ini akan menjadi acuan penting bagi Anda untuk mengelola dana modal. Anda bisa tahu seberapa banyak kekurangan modal yang dibutuhkan. Selain itu Anda juga bisa membuat perencanaan finansial ke depan setelah pinjaman didapatkan.

4. Siapkan Aset yang Siap Dijadikan Agunan

Tak bisa dipungkiri bahwa pebisnis harus siap untuk menjadikan asetnya sebagai jaminan jika ingin meminjam dana modal. Apalagi jika Anda meminjam dana dari bank dan memang jenis pinjamannya butuh agunan atau jaminan. Anda tidak boleh sembarangan menyerahkan aset sebagai jaminan demi keamanan diri sendiri.

Cari tahu aset apa saja yang Anda miliki. Temukan beberapa pilihan aset yang layak untuk dijadikan sebagai agunan. Pastikan aset tersebut memang bisa jadi agunan yang berharga namun juga tidak merugikan diri sendiri setelah aset tersebut dipakai sebagai jaminan pinjaman.

5. Buat Perhitungan Bunga

Selanjutnya silakan buat perhitungan bunga. Jika Anda sudah mendapatkan pinjaman modal, kira-kira berapa banyak bunga yang akan ditetapkan dari nilai pinjaman tersebut. Selain itu buat perhitungan rinci juga berapa banyak angsuran untuk menutupi pinjaman modal tadi. Perencanaan ini juga akan menjadi bagian penting yang berpengaruh pada keberlangsungan bisnis Anda.

Itulah tadi 5 hal yang harus dilakukan ketika Anda butuh pinjaman modal. Anda juga bisa coba mempersiapkan investasi bagi bisnis Anda. Pemakaian sistem investasi P2P lending adalah sebuah pilihan tepat untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan. Lewat sistem investasi ini Anda bisa menerima keuntungan lebih yang selanjutnya disimpan sebagai modal darurat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *