Beli Mobil Bekas Alphad, Kenapa Tidak? Perhatikan 5 Tips Perawatan Ini!

  • Whatsapp
Beli-Mobil-Bekas-Alphad-Kenapa-Tidak-Perhatikan-5-Tips-Perawatan-Ini
Foto dari toyota.astra

Untuk kebutuhan mobilitas harian dan akomodasi bisnis pun, mobil bekas cocok menjadi pilihan sebab menawarkan harga yang lebih terjangkau. Meskipun Anda berencana membeli mobil bekas, pastikan mengecek kondisi mobil secara maksimal agar tidak salah pilih mobil bekas rongsokan. Hal serupa berlaku untuk Anda yang ingin beli mobil bekas Alphard yang masih berkualitas, ya!

Hal penting dalam merawat mobil bekas Alphard

Mobil bekas akan tetap nyaman dan aman digunakan selama pemilik rajin memperhatikan perawatan secara detail. Apalagi Anda yang membeli mobil bekas Alphard, maka wajib melakukan perawatan secara berkala. Service rutin akan membuat kendaraan favorit Anda lebih awet dan aman dipakai dalam jangka waktu lama. Yuk, simak beberapa hal penting dalam merawat mobil Alphard berikut ini!

1. Mengecek kondisi mesin

Jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi mesin mobil Alphard Anda sebelum bepergian. Cek kondisi oli dan lakukan penggantian berkala sebelum oli kering dan merusak komponen mobil Alphard. Melakukan pemanasan mesin sebelum berkendara merupakan hal wajib agar mobil memiliki performa yang bagus di jalan raya.

2. Cek bagian kelistrikan

Selain rajin melakukan pengecekan pada bagian mesin, Anda juga harus merawat bagian kelistrikan mobil satu ini. Jangan sampai Anda mendapatkan harga Toyota Alphard ratusan juta hingga milyaran rupiah, tetapi komponen mobil mudah rusak karena perawatan yang kurang optimal.

Pengecekan aki berkala dan ganti aki yang kering setelah mencapai batas pemakaian, gunakan cairan pembersih saat melakukan perawatan bagian kelistrikan dengan mematikan komponen lebih dulu. Jika Anda menggunakan cairan pembersih untuk merawat komponen kelistrikan tanpa memutuskan aliran listrik dan aki, maka risiko konsleting yang bisa membahayakan keselamatan diri bisa saja terjadi.

3. Rajin mengecek tekanan ban mobil

Sebelum bepergian dengan mobil Alphard favorit, selalu lakukan pengecekan tekanan ban mobil yang sempurna. Tekanan ban yang terlalu rendah bisa berdampak pada risiko ban mobil cepat rusak, sedangkan tekanan ban yang terlalu tinggi bisa saja pecah di jalanan.

Lakukan pengecekan kondisi ban yang memiliki kerikil atau benda terselip yang bisa berisiko membuat ban mobil pecah sampai risiko kecelakaan. Jika ban mobil sudah mulai tipis atau gundul, segera lakukan penggantian dengan suku cadang resmi Toyota.

4. Gunakan bahan bakar kelas premium

Bahan bakar premium bisa mendukung mesin mobil Alphard lebih bagus dan tahan lama. Rekomendasi pabrikan dalam memilih bahan bakar kelas premium harus Anda perhatikan dan usahakan mengisi bahan bakar sebelum kehabisan. Bahan bakar yang dibiarkan habis bisa merusak komponen mesin mobil Alphard favorit Anda.

5. Penggantian lampu mobil

Bila Anda membeli mobil bekas, ada baiknya cek keseluruhan kelistrikan dan lampu mobil tersebut. Keberadaan lampu depan, belakang dan sein sangat penting dalam berkendara di jalan raya, apalagi berkendara pada malam hari yang gelap. Bila lampu sudah mulai redup atau putus, segera lakukan penggantian dengan produk yang resmi dari Toyota.

Kini Anda bisa membeli mobil bekas Alphard lebih lega sebab tahu cara merawat kendaraan dengan benar. Selain 5 hal yang disebutkan di atas, ada baiknya Anda rajin membersihkan kabin mobil, cuci mobil setelah terkena hujan atau kotoran debu yang menempel, merawat cat eksterior mobil dengan baik, dan lain-lain. Perawatan yang ekstra akan membuat Anda punya mobil mewah yang lebih tahan lama. Saat perlu dana darurat pun, Anda bisa menjual mobil Alphard terawat dengan harga purna jual yang tinggi, lho!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *