Kenali Pentingnya Makanan Sehat untuk Kesehatan Lansia

  • Whatsapp
Kenali-Pentingnya-Makanan-Sehat-untuk-Kesehatan-Lansia
Foto dari Canva Pro

Usia yang tidak lagi produktif mempengaruhi kesehatan seseorang, termasuk degenerasi organ-organ tubuh. Tak heran orang yang sudah usia lanjut rentan mengalami masalah kesehatan seperti penyakit kardiovaskuler, diabetes dan lain-lain. Penurunan berat badan bisa disebabkan oleh masalah penyakit, efek obat-obatan, kesehatan mental, dan lain-lain. Selain memberikan dukungan moril, pastikan Anda memberikan makanan yang bergizi untuk konsumsi harian orang tua, ya!

Memberikan makanan yang bergizi untuk orang tua

Pemilihan dan pengolahan makanan yang baik sangat mendukung perkembangan kesehatan orang tua. Supaya Anda bisa memberikan menu harian yang sehat, simak tips penting dalam memberikan makanan yang bergizi berikut :

1. Pilih makanan bernutrisi tinggi

Jaga berat badan ideal lansia dengan memberikan pilihan nutrisi yang terbaik, misalnya protein, karbohidrat, serat, vitamin, mineral, dan lain-lain. Jenis makanan yang direkomendasikan untuk orang tua antara lain ikan, telur, daging ayam, sayuran, buah, dan kacang-kacangan yang dalam batasan wajar. Pastikan Anda punya daftar menu harian sesuai rekomendasi ahli gizi, ya!

2. Olahan makanan yang mudah dikonsumsi

Banyak lansia yang mengeluhkan kondisi disfugia atau kesulitan menelan makanan karena faktor usia. Ada baiknya Anda mengolah makanan agar mudah dikonsumsi dalam bentuk lebih lembut seperti bubur atau rajin mengolah makanan dengan bantuan food processor.

3. Memastikan lansia tetap makan teratur

Meski mengeluhkan penurunan nafsu makan, sebaiknya Anda tetap rajin memantau dan mengawasi pola makan orang tua. Pastikan mereka makan secara teratur atau Anda bisa memberikan konsumsi makanan dalam jumlah sedikit, tetapi intensitas lebih sering. Camilan sehat di antara waktu makan bisa Anda pertimbangkan seperti kacang-kacangan, salad buah dan sayuran.

4. Perhatikan jenis makanan dan minuman berdasarkan riwayat penyakit

Bila orang tua mengalami masalah pencernaan seperti maag atau asam lambung, sebaiknya Anda rajin memilih makanan dan minuman yang aman dikonsumsi lansia. Jangan berikan makanan dan minuman yang mengandung gas lebih banyak sehingga berpotensi menyebabkan masalah kesehatan lebih parah. Jenis makanan yang tidak direkomendasikan untuk penderita asam lambung seperti sayuran kembang kol, brokoli, minuman bersoda, kopi, dan lain-lain.

5. Hindari makanan yang mengandung lemak dan gula tinggi

Jangan berikan asupan makanan berpengawet, banyak MSG, tinggi gula dan kaya lemak serta gula pada lansia. Makanan tinggi kolesterol seperti daging sapi dan mentega harus dibatasi dengan baik supaya kesehatan lansia tetap terjaga.

Diperbolehkan memberikan penambah rasa seperti rempah-rempah agar meningkatkan selera makan lansia. Namun, Anda harus upayakan proses memasak dengan cara direbus atau dikukus. Jika memang orang tua bosan dengan olahan rebus dan ingin makanan digoreng, sebaiknya gunakan minyak goreng yang lebih alami seperti minyak kelapa dan minyak zaitun.

Beberapa tips dalam memilih dan mengolah makanan yang baik untuk lansia harus menjadi perhatian serius. Hal ini berguna dalam menjaga berat badan lansia tetap ideal, tidak alami obesitas serta tidak mengalami penurunan berat badan yang signifikan. Jika lansia mengalami masalah penurunan berat badan alias terlalu kurus dalam kurun waktu relatif singkat, Anda harus mengupayakan pemberian gizi terbaik sesuai rekomendasi ahli gizi profesional.

Berikan makanan yang bergizi sekaligus pola hidup yang lebih sehat supaya lansia bisa beraktivitas lebih produktif. Rutin olahraga, istirahat yang cukup dan minum air minimal delapan gelas sehari bisa menjaga metabolisme serta imunitas orang tua. Yuk, perhatikan kesehatan lansia agar mereka bisa menikmati masa tua lebih sehat tanpa gangguan kesehatan!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *