Mengenal 5 Ciri Khas Tari Tradisional Bali

  • Whatsapp
Mengenal-5-Ciri-Khas-Tari-Tradisional-Bali
Foto dari Canva Pro

Nilai budaya di Indonesia begitu beragam berasal dari berbagai sudut wilayah. Termasuk salah satunya Bali yang tak hanya menawarkan pesona alam terbaik namun juga kebudayaan memukau. Tak heran jika wilayah ini bisa memberikan super adventure yang tak akan terlupakan bagi siapa saja, entah warga lokal maupun internasional.

Ciri Tari Khas Bali

Pulau Dewata begitu populer oleh keindahan alamnya yang luar biasa. Namun lebih dari itu pulau ini juga memiliki harta budaya yang mempesona. Salah satunya adalah tarian tradisional yang punya ciri khas tertentu. Berikut adalah beberapa ciri tari tradisional asal Bali yang menarik untuk diketahui.

1. Tampak Ekspresif

Tari tradisional asal Bali memiliki ciri mimik wajah penarinya selalu terlihat ekspresif. Tidak hanya sekedar tersenyum kepada penonton, mimik wajah para penari seolah berbicara. Sebagian besar tari Bali sangat identik dengan komponen drama yang kental. Tak heran jika penarinya harus ekspresif menampilkan tarian tersebut agar nilai cerita bisa tersampaikan dengan baik.

Bukan hanya ekspresi lewat wajah namun juga melalui lirikan mata. Bahkan lirikan mata para penarinya bisa terlihat begitu indah dan ekspresif. Selalu ada makna di setiap ekspresi wajah hingga lirikan mata. Unsur-unsur yang simpel ini ternyata menjadi bagian yang menyampaikan cerita tarian dengan indah.

2. Memiliki Gerakan Lincah

Tarian tradisional Pulau Dewata selalu memiliki gerakan yang cepat dan penarinya dituntut untuk lincah. Tipe gerakan tarian mereka sangat dinamis sesuai dengan musik pengiring. Para penari harus bisa memiliki koordinasi gerakan tangan, bahu, kepala, dan kaki yang baik. Belum lagi jika tarian dibawakan berkelompok sehingga koordinasi dengan sesama teman juga harus dipersiapkan.

Penari yang menyajikan tarian Bali biasanya akan terlihat energik. Mereka bisa membawakan tarian dengan gerakan yang mantap tanpa lepas dari tempo musik yang disajikan. Penonton juga biasanya akan ikut bersemangat merasakan energi yang ditampilkan para penari. Tak heran jika tarian khas Bali selalu punya energi yang mudah untuk dirasakan oleh para penontonnya.

3. Properti Tari yang Menarik

Salah satu poin yang menarik dari tarian tradisional asal Bali adalah properti yang digunakan. Tarian Bali selalu menghadirkan properti yang beragam dan sangat mencuri perhatian. Sebut saja salah satu contohnya tari topeng leak yang menggunakan properti topeng dengan ukuran besar dan cukup berat. Desain propertinya juga pasti sangat mencerminkan kebudayaan Bali.

4. Fungsi yang Beragam

Tarian tradisional Bali memiliki fungsi yang sangat beragam. Mulai dari tarian untuk menyambut tamu hingga tarian peringatan keagamaan. Para wisatawan yang ingin memulai super adventure di pulau ini pasti akan mendapat kesempatan untuk menikmati beragam jenis tarian khas Bali. Selain bisa menikmati tarian sambutan, bisa juga melihat tarian upacara keagamaan jika beruntung.

5. Ciri Khas Posisi Kaki

Salah satu ciri dari tarian tradisional asal Bali adalah posisi kaki para penarinya. Penari biasanya harus siap menari dengan posisi kaki yang rendah. Beberapa tarian Bali bahkan mengharuskan penari untuk berjongkok sambil tetap menjaga kelincahan dalam menarik. Hanya beberapa saja jenis tarian yang memungkinkan penari tidak menekuk kakinya.

Itulah tadi 5 ciri khas tari tradisional dari Bali. Ada banyak hal yang bisa dieksplorasi di pulau dewata ini. Di luar pulau Bali, masih ada begitu banyak keindahan seni dan budaya terbentang. Anda bisa mengunjungi superadventure.co.id untuk mendapatkan informasi lebih banyak seputar keindahan Indonesia dan informasi menarik lainnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *