Penyebab Komplain Pelanggan terhadap Layanan Pengiriman Barang

  • Whatsapp
Penyebab-Komplain-Pelanggan-terhadap-Layanan-Pengiriman-Barang
Foto dari Canva Pro

Selama proses pengiriman barang ke luar negeri, banyak sekali peluang terjadinya kendala. Tentu semua kendala ini bisa saja membuat para pelanggan mengajukan komplain. Apalagi jika Anda mengirimkan barang jarak jauh, seperti kirim barang ke Amerika misalnya. Tentu akan ada banyak potensi kendala yang terjadi karena memang perjalanan yang ditempuh cukup jauh.

Penyebab Komplain

Banyak sekali kejadian pelanggan jasa ekspedisi mengajukan komplain. Hal ini sebaiknya dipahami terlebih dahulu agar Anda bisa memilih jasa ekspedisi yang bisa menjamin kendala-kendala tersebut tidak akan terjadi. Berikut adalah beberapa penyebab komplain pelanggan yang sering diajukan kepada layanan pengiriman barang:

1. Tidak Bisa Tracking Barang

Pengguna jasa ekspedisi biasanya membutuhkan fitur tracking barang untuk melacak proses pengiriman barang. Ketika fitur ini tidak bisa digunakan sudah pasti pelanggan akan melakukan komplain. Tentunya komplain ini akan dilakukan karena pelanggan ingin mengetahui sampai dimana barang yang dikirimkan. Langsung saja hubungi customer service untuk membantu proses tracking barang tersebut.

2. Pengiriman Tertunda

Kendala lainnya yang bisa menyebabkan pelanggan mengajukan komplain adalah proses pengiriman yang tidak segera dilakukan. Pemesanan dan pembayaran sudah selesai dilakukan tetapi barang tidak segera dikirim. Hal ini tentu akan membuat pelanggan menjadi gemas dan kesal. Kondisi seperti ini harus segera dilaporkan karena akan menyebabkan estimasi waktu barang sampai jadi lebih lama.

3. Barang Tidak Bergerak

Komplain lain juga bisa terjadi karena barang tidak bergerak selama proses pengiriman. Pelanggan bisa melakukan tracking namun barang tetap di lokasi yang sama untuk jangka waktu cukup lama. Sebenarnya hal ini bisa saja terjadi apalagi jika kirim barang ke Amerika yang jaraknya jauh. Namun, jika terlalu lama dan mencurigakan maka bisa langsung dikomunikasikan dengan jasa ekspedisi.

4. Barang dalam Kondisi Rusak

Jelas sekali kerusakan barang harus diajukan komplain kepada penyedia layanan ekspedisi. Jika barang rusak di tengah jalan atau rusak ketika sampai ke alamat tujuan, maka jangan ragu untuk komplain. Pengajuan komplain ini bisa dilakukan sesuai dengan aturan yang sudah disepakati bersama penyedia jasa atau layanan ekspedisi.

5. Estimasi Waktu Melenceng Jauh

Komplain juga bisa terjadi karena estimasi waktu pengiriman barang ternyata melenceng jauh. Barang seharusnya diperkirakan sudah sampai tapi pada kenyataannya justru belum sampai bahkan melenceng jauh dari prediksi. Hal ini sebenarnya lumrah terjadi namun jika estimasinya terlalu jauh maka bisa ditanyakan lebih lanjut kepada jasa ekspedisi yang terlibat.

Itulah tadi beberapa faktor yang menyebabkan komplain pelanggan layanan jasa pengiriman barang. Agar bisa kirim barang ke Amerika maupun negara-negara lain dengan mudah dan lancar, pilihlah jasa ekspedisi yang tepat. Gunakan layanan ekspedisi yang memang terpercaya dan berkualitas agar semua kendala ini tidak terjadi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *