Yuk Intip Kelebihan dan Kekurangan Popok Bayi Jenis Kain?

  • Whatsapp
Yuk-Intip-Kelebihan-dan-Kekurangan-Popok-Bayi-Jenis-Kain
Foto dari Canva Pro

Back to nature terus digalakkan di berbagai bidang, tak terkecuali pada penggunaan popok bayi. Penggunaan popok sekali pakai yang semakin meningkat, ternyata menimbulkan masalah sampah yang luar biasa. Makanya penggunaan popok kain kembali dianjurkan, apalagi sekarang banyak jenis cloth diaper tersebut yang bisa dipilih.

4 Kelebihan Popok Bayi Jenis Kain

Hal pertama yang perlu Anda ketahui yaitu, apa saja kelebihan yang dimiliki popok jenis ini. Sehingga membuat Anda mau berpaling dari popok sekali pakai, yang mungkin selama ini jadi senjata mujarab saat membawa si kecil kemana saja.

  • Murah

Harga popok kain tergolong lebih murah, apalagi jika Anda membelinya dalam jumlah banyak. Hal ini karena bahan pembuatannya adalah alami, mudah ditemukan, dan tidak ribet saat proses pembuatannya.

  • Minim Iritasi

Bahannya sangat nyaman di kulit bayi, mampu meminimalisir iritasi kulit yang selama ini sering dikeluhkan para ibu ketika menggunakan berbagai jenis popok. Alasannya karena ketika dipakai tidak terlalu sempit dan bagian perekatnya dibuat khusus, dengan memaksimalkan kenyamanan si kecil.

  • Mudah Dicuci

Anda tinggal mencuci popok ini setelah dipakai si kecil, proses mencucinya juga sangat gampang.

  • Banyak Pilihan Bahan Dan Ukuran

Sama halnya dengan popok sekali pakai, saat ini popok kain juga sudah tersedia dengan bentuk lebih kekinian, berbagai ukuran, dan bahan pembuatan. Jadi, Anda bisa lebih leluasa memilih mana popok yang paling cocok untuk si kecil.

4 Kekurangan Popok Bayi Jenis Kain

Meskipun punya banyak kelebihan di atas, Anda tetap harus mengetahui kekurangan yang dimiliki cloth diaper ini. Tapi, pada umumnya kekurangannya ini bisa diminimalisir, dengan cara yang tidak sulit. Lantas apa saja kekurangannya?ok29.Popok Bayi

  • Harus Punya Banyak Stok

Popok ini harus dibeli dalam jumlah banyak jika ingin dijadikan stok, jika hanya dibeli beberapa saja maka tidak akan cukup. Sebab setelah dipakai maka Anda harus mencucinya dan mengeringkannya dulu, baru bisa dipakai kembali.

  • Cuci Tak Bersih

Jika Anda buru-buru saat mencuci popok ini, maka bisa jadi hasil cucian tidak bersih dan higienis untuk digunakan kembali oleh si kecil. Perlu tenaga dan waktu ekstra saat mencucinya jika ingin benar-benar bersih.

  • Tidak Disarankan Untuk Traveling

Proses membersihkannya yang butuh pencucian maksimal, maka tidak disarankan untuk dijadikan popok traveling. Anda akan dibuat sulit mencuci, dan hanya mengurangi kenyamanan sebab setiap si kecil buang air harus mengganti popok dengan yang baru. Sementara popok yang kotor tak bisa langsung dicuci dan dikeringkan.

Itulah penjelasan yang perlu Anda ketahui seputar popok bayi jenis kain. Ternyata ada kelebihan dan kekurangan yang tidak bisa dipandang sebelah mata, sehingga Anda perlu lebih bijak menggunakannya untuk si kecil. Agar si kecil tetap nyaman menggunakan popok kain dan Andapun bisa mengurangi masalah sampah popok sekali pakai!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *